Senin, 05 Desember 2016

ARTIKEL PSB



PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR
DAPAT MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR SISWA
Sumber belajar  merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk membantu kegiatan belajar mengajar baik itu berupa orang, lingkungan, buku, dan benda lainnya yang dapat membantu proses pembelajaran guna mencapai suatu tujuan pembelajaran yang diharapkan. Setiap sumber belajar harus memuat pesan pembelajaran dan harus ada interaksi timbal balik antara peserta didik dengan sumber belajar tersebut.
Sumber belajar ada yang sengaja diciptakan atau dirancang (by design) dan ada pula yang sudah tersedia (by utilazation) yang bisa dimanfaatkan untuk membantu proses pembelajaran. Sumber belajar yang sengaja dirancang (by design) contohnya: buku, film, video, gambar, dan lain sebagainya yang secara khusus diciptakan untuk membantu proses pembelajaran. Sedangkan sumber belajar yang telah tersedia contohnya: kebun binatang, pegunungan, fenomena alam, dan lingkungan lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang proses pembelajaran.
Disini masalahnya adalah bagaimana pengembangan sumber belajar dalam proses pembelajaran? dan bagaimana pengembangan sumber belajar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran?
Banyak orang yang beranggapan  bahwa untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan menuntut adanya biaya yang tinggi, fasilitas yang memadai, dan itu sulit untuk mengupayakannya. Padahal seperti yang telah kita ketahui bahwa sumber belajar itu adalah segala sesuatu yang bisa digunakan atau dimanfaatkan untuk membantu proses pembelajaran baik itu yang sengaja dirancang ataupun yang telah tersedia, dengan demikian sumber belajar itu tidak harus selalu mahal dan tidak akan sulit untuk ditemukan asalkan disini adanya kreativitas dan adanya pesan yang diterima oleh peserta didik dalam pembelajaran yang disampaikan melalui sumber belajar tersebut, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Guru dengan bekal kreativitas dapat mengembangkan sumber belajar dengan cara membuat dan menyediakan sumber belajar yang sederhana, murah, dan menyenangkan bagi peserta didik namun tujuan pembelajaran tetap  dapat tercapai secara optimal. Misalnya: guru dan siswa dapat memanfaatkan barang-barang bekas yang sering ditemui dilingkungan sekitar seperti, kardus bekas, plastik, botol, dan barang bekas lainnya yang bisa dimodifikasi dan di daur ulang dengan sentuhan kreativitas kita untuk dimanfaatkan sebagai sumber belajar yang menyenangkan dan sangat bermakna. Demikian pula dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, kita tidak perlu harus pergi jauh-jauh dengan biaya yang mahal dan menghabiskan waktu, karena lingkungan yang berdekatan dengan sekolahpun dapat dijadikan sebagai sumber belajar yang sangat bermakna bagi kepentingan belajar siswa.
Dengan adanya kreativitas yang dilakukan oleh guru dalam pengembangan sumber belajar, maka anak akan merasa lebih senang dan lebih tertantang untuk menambah wawasan yang lebih luas lagi karena anak terlibat langsung dalam proses pembelajaran tersebut, sehingga ia akan lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Karena meskipun sumber belajar itu mahal dan bagus, tetapi guru kurang mampu menggunakan sumber belajar tersebut secara optimal, dan peserta didik tidak dapat terlibat langsung dalam proses pembelajaran tersebut, maka tujuan pembelajaranpun tidak akan tercapai secara optimal dan pembelajaran kurang bermakna bagi peserta didik.
Selain dapat mencapai tujuan pembelajaran pengembangan sumber belajar juga bermanfaat untuk:
1)   Memperluas dan meningkatkan sumber belajar,
2)   Melayani kebutuhan perkembangan informasi bagi masyarakat,
3)   Mengembangkan kretivitas dan produktivitas tenaga pendidik dan kependidikan,
4)   Meningkatkan efektifitas dan kefisiensi proses pembelajaran, baik secara individu maupun kelompok,
5)   Menyediakan berbagai macam pilihan komunikasi untuk menunjang kegiatan kelas tradisional,
6)   Mendorong cara-cara belajar baru yang paling cocok untuk mencapai tujuan pembelajaran,
7)   Memberikan pelayanan dalam perencanaan, produksi, operasional, dan tindak lanjut untuk pengembangan sistem pembelajaran.
Peningkatan kualitas pembelajaran dimaksudkan agar tercapai keunggulan dalam proses pembelajaran. Suatu pembelajaran yang unggul adalah pembelajaran yang mengutamakan hasil dan memberikan peluang yang tinggi bagi guru dan peserta didik untuk aktif, inovatif, dan pemanfaatan sumber belajar yang banyak dan bagus.
Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran, maka guru perlu memanfaatkan pengembangan sumber belajar secara kreatif, efektif, dan efesien. Guru harus menguasai dan memahami kompetensi dasar dan hubungan dengan kompetensi lain dengan baik, menyukai apa yang diajarkan, memahami peserta didik, menghubungkan pengalaman yang lalu dengan kompetensi yang akan dikembangkan, mengeliminasi bahan-bahan yang kurang penting dan kurang berarti dalam kaitannya dengan pembentukan kompetensi,  mengikuti perkembangan pengetahuan, memotivasi peserta didik untuk lebih baik lagi, menyiapkan proses pembelajaran, dan menggunakan metode yang bervariasi dalam proses pembelajaran dan membentuk kompetensi peserta didik.
Dengan menggunakan metode yang bervariasi dalam proses pembelajaran, maka peserta didik tidak akan merasa bosan ketika pembelajaran berlangsung serta pembelajaran tidak akan monoton. Demikian pula, dengan guru mengembangkan sumber belajar secara kreatif dan baik, maka pembelajaranpun akan lebih bermakna dan berkualitas khususnya bagi peserta didik karena peserta didik juga dapat terlibat langsung dan aktif dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga apa yang disampaikan dalam proses pembelajaran tersebut akan selalu diingat sampai kapanpun dan dapat dengan mudah dipahami  oleh peserta didik.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar